Disusun Dalam Rangka Menyelesaikan Tugas Tentang
Pembuatan Makalah
Pada Program Studi
Keahlian Multimedia Bidang Studi Keahlian
Teknologi Informasi
dan Komunikasi
SMK Negeri 3
Yogyakarta
Disusun Oleh :
GALAN IHSAN I
X MM / 16
KOMPETENSI KEAHLIAN
MULTIMEDIA
PROGRAM STUDI
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
BIDANG STUDI KEAHLIAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKSI
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN (SMK) NEGERI 3 YOGYAKARTA
JL. R.W.MONGINSIDI
NO.2A TELP. (0274)513503
2012
HALAMAN
PENGESAHAN
Makalah
dengan judul “gambar vektor dan gambar bitmap” sebagai tugas mata pelajaran
Fundamental Multimedia telah disahkan pada:
Hari :………………………………………………………………………...
Tanggal:
……………………………………………………………………….
Oleh:
Radianto.SPd
NIP:
KATA PENGANTAR
Pertama-tama saya panjatkan puja
& puji syukur atas rahmat & ridho ALLAH SWT. Karena tanpa rahmat & ridhoNYA,
saya tidak dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan selesai tepat waktu.
Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada bapak Radianto.SPd yang telah membimbing
saya dalam pengerjaan tugas makalah ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada
teman-teman saya yang selalu setia membantu saya dalam hal mengumpulkan
data-data dalam pembuatan makalah ini. Dan terima kasih kepada bapak dan ibu
saya yang telah banyak memberikan arahan kepada saya.
Dalam makalah ini saya menjelaskan
tentang gambar vektor dan gambar bitmap. Mungkin dalam pembuatan makalah ini
terdapat kesalahan yang belum saya ketahui. Maka dari itu saya mohon saran
& kritik dari teman-teman maupun bapak guru demi tercapainya makalah yang
sempurna.
Pandak,
08 Desember 2012
Penyusun:
Galang
Ihsan Isnanto
DAFTAR
ISI
Halaman
Pengesahan ............................................................................................................ ii
Kata
Pengantar ..................................................................................................................... iii
Daftar
Isi ............................................................................................................................... iv
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang .......................................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ..................................................................................................... 1
1.3 Tujuan ....................................................................................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Gambar Vektor dan Gambar
Bitmap....................................................... 2
2.2 Kelebihan dan Kekurangan Gambar Vektor
dan Bitmap ......................................... 4
2.3 Perbedaan Gambar Vektor dan Gambar
Bitmap ...................................................... 5
2.4 Program Aplikasi Vektor dan Bitmap ...................................................................... 5
2.5 Contoh Gambar Vektor dan Gambar Bitmap
........................................................... 8
2.6 Cara Merubah Gambar Vektor ke Bitmap
Ataupun Sebaliknya .............................. 9
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan ............................................................................................................... 10
3.2 Saran ......................................................................................................................... 10
DAftar
Pustaka ..................................................................................................................... 11
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pemahaman
masalah format gambar sangat menentukan hasil dan kualitas cetak dalam dunia
percetakan dan sangat menentukan kualitas karya dalam dunia grafis.
Dalam dunia
percetakan kalau kita tidak faham tentang format gambar, bisa saja hasil
cetakannya menjadi blur atau pecah. Itu dikarenakan gambar bitmap yang
beresolusi rendah dicetak dalam ukuran yang besar. Kesalahan-kesalahan seperti
ini tentunya tidak diinginkan oleh konsumen. Dan akan berpengaruh terhadap
kemajuan usaha kita.
Dalam dunia
grafis, seorang desain grafis haruslah sudah faham tentang format gambar.
Termasuk tentang kelebihan dan kekurangan gambar vektor maupun gambar bitmap.
Sehingga ia dapat memberikan produk yang terbaik bagi konsumen.
Maka dari
itu saya membuat makalah ini dengan tujuan guna membantu para calon pekerja
dalam dunia percetakan maupun dalam dunia grafis lagi guna memenuhi tugas
Fundamental Multimedia yang diberikan oleh Bp. Radianto.SPd.
1.2
Rumusan
Masalah
a) Apa
pengertian gambar vektor?
b) Apa
pengertian gambar bitmap?
c) Apa
kelebihan dan kekurangan gambar vektor?
d) Apa
kelebihan dan kekurangan gambar bitmap?
e) Apa
perbedaan gambar vektor dan gambar bitmap?
f) Bagaimana
contoh gambar vektor dan gambar bitmap?
g) Bagaimana
cara merubah gambar bitmap menjadi gambar vektor?
h) Bagaimana
cara merubah gambar vektor menjadi gambar bitmap?
1.3
Tujuan
a) Mengetahui
definisi dari gambar vektor.
b) Mengetahui
definisi dari gambar bitmap.
c) Mengetahui
kelebihan dan kekurangan gambar vektor.
d) Mengetahui
kelebihan dan kekurangan gambar bitmap.
e) Mengetahui
perbedaan gambar vektor dan gambar bitmap.
f) Mengetahui
contoh gambar vektor dan gambar bitmap.
g) Mengetahui
cara merubah gambar bitmap menjadi gambar vektor.
h) Mengetahui
cara merubah gambar vektor menjadi gambar bitmap.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Gambar Vektor dan Bitmap
·
Gambar Vektor
Vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan perhitungan matematis. Gambar vektor umumnya berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya: .CDR, .AI, .SVG, .EPS, dan dll . Gambar Vektor menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah biarpun diperbesar atau diperkecil, tidak seperti gambar Bitmap. Gambar bertipe vektor terbentuk dari garis dan kurva hasil dari perhitungan matematis dari beberapa titik, sehingga membentuk suatu objek gambar. Vektor menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinat geometris gambar tersebut. Tampilan gambar vektor, walaupun bersifat relatif lebih kaku daripada tampilan bitmap, kualitasnya tidak bergantung kepada resolusi gambar.
Gambar
tipe ini bisa diubah-ubah ke berbagai ukuran dan juga dapat dicetak pada
tingkat resolusi sebesar apapun tanpa kehilangan detil dan ketajaman gambar.
Tampilan vektor merupakan pilihan terbaik ketika harus menampilkan
gambar-gambar yang harus bisa mempertahankan ketajaman garis ketika ukuranya
diubah. Ketika bekerja dengan gambar Vektor, kita akan
mengedit objek berdasarkan perhitungan matematis-nya.
Karena
monitor menampilkan gambar dengan cara menggunakan jaringan titik, maka kedua
macam tipe gambar (bitmap dan Vektor) akan diperlihatkan sebagai pixel pada
layar monitor. Begitu juga ketika kita hendak menampilkan gambar Vektor ke
suatu halaman web, dimana kita harus melakukan export gambar Vektor tersebut ke
format yang di dukung oleh browser (JPG, GIF, PNG, dll). Sifat gambar vektor
yang telah di export tersebut otomatis berubah menjadi tipe bitmap/raster,
meskipun dibuat dengan program/software penghasil
gambar Vektor.
Berbeda
dengan bitmap, vektor gambar merepresentasikan gambarnya tidak dengan
menggunakan pixel, tetapi dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam
persamaan matematis yang disebut vektor. Misal untuk menggambar lingkaran maka
didefinisikan persamaan matematis dari lingkaran sehingga membentuk garis
pembatas lingkaran. Didalam garis pembatas tersebut diberi warna sehingga terbentuklah lingkaran. Kedua
cara perepresentasian gambar tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masing
masing. Pada gambar bitmap sangat baik digunakan untuk merepresentasikan gambar
yang sangat kompleks dan detail. Tetapi kekurangannya adalah ukuran filenya
tergantung dari ukuran gambar dan resolusinya.
·
Gambar Bitmap
Bitmap yaitu representasi dari citra gambar yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna. Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi, yang menunjukkan seberapa tajam gambar ini ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom, contohnya 300px/inch (satuan ini sering dipakai agar hasil cetak tidak pecah, lebih besar lebih bagus). Terkadang resolusi diartikan sebagai lebar dan panjangnya suatu media, namun pada pembahasan format gambar Resolusi diartikan sebagai banyaknya warna atau titik warna dalam satuan ukuran tertentu. Untuk menampilkan citra bitmap pada monitor atau mencetaknya pada printer, komputer menterjemahkan bitmap ini menjadi pixel (pada layar) atau titik tinta (pada printer). Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP, PCX ,TIFF. JPEG, GIF, dll.
Gambar bitmap bisa
disebut juga dengan gambar raster merupakan kumpulan
kotak-kotak kecil (pixel). Titik-titik pixel tersebut ditempatkan pada
lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri
yang secara keseluruhan akan membentuk sebuah tampilan. Gambar bertipe bitmap
sesungguhnya adalah mozaik dari ribuan atau jutaan pixel. Ketika bekerja dengan
gambar bitmap kita akan mengedit pixel-pixel yang merupakan bagian dari sebuah
objek gambar.
Tampilan bitmap mampu
menunjukkan kehalusan gradasi warna dan bayangan dari sebuah gambar,
karena itu tipe bitmap merupakan media elektronik yang paling tepat untuk
gambar-gambar dengan perpaduan gradasi warna yang rumit, seperti foto dan
lukisan digital. Gambar bitmap sangat tergantung dengan resolusinya, karena
setiap gambar mempunyai jumlah pixel yang pasti. Hal ini berarti bahwa sebuah
gambar akan sangat tergantung dari jumlah pixel yang membentuknya. Apabila
dilakukan pembesaran ukuran gambar dengan resolusi kecil, maka gambar akan
kehilangan detil dan akan terlihat kotak-kotak pixel yang berundak (jagged).
Pixel-pixel
yang membentuk gambar tersebut memiliki warna warna tertentu dan jumlah warna
yang boleh dimiliki oleh suatu gambar dinamakan intensitas. Biasanya dikenal
istilah 256 warna, high color, 16 juta warna (true color) gradasi abu-abu
(grayscale), serta hitam-putih (black & white). Semakin banyak jumlah warna
dalam suatu gambar maka gambar yang dihasilkan akan semakin bagus. Jumlah warna
maksimum dari gambar dapat dilihat dari jenis filenya. Misal file gambar yang
berekstensi .jpg akan memiliki maksimum 16 juta warna, atau file yang
berekstensi .gif memiliki jumlah warna maksimum 256.
Jika file bitmap diperbesar maka
ketajaman gambar akan berkurang. Sedangkan pada vektor gambar ukuran gambar
tidak mempegaruhi ukuran file. Jika gambar diperbesar maka ketajamannya tetap
sama dengan sebelumnya. Ukuran file dari gambar vektor dipengaruhi oleh
kompleksitas dari persamaaan vektor yang digunakan. Misal ada dua gambar yang
besarnya sama. Gambar yang pertama adalah gambar lingkaran sedangkan gambar
yang kedua adalah gambar tali yang melingkar tidak beraturan. Ukuran file
gambar tali akan lebih besar daripada gambar lingkaran. Kekurangan dari vektor gambar
tidak mampu menampilkan gambar secara detail dan kompleks.
Perangkat lunak untuk Image editor yang
menggunakan gambar jenis bitmap antara lain adobe photoshop, corel photopaint,
dan lain lain. Sedangkan yang menggunkan gambar vektor gambar antara lain corel draw adobe
ilustrator, macromedia flash. Dari kelebihan dan kekurangan kedua jenis gambar
tersebut maka sebelum mendesain suatu obyek perlu dipertimbangkan terlebih
dahulu tujuan dari pembuatan obyek tersebut.
2.2 Kelebihan
dan kekurangan gambar vektor dan bitmap
Kelebihan Gambar Vektor
·
Ruang penyimpanan untuk objek gambar
lebih efisien.
·
Objek gambar vektor dapat diubah ukuran
dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya.
·
Dapat dicetak pada resolusi tertingi
printer Anda.
·
Menggambar dan menyunting bentuk vektor
relative lebih mudah dan menyenangkan.
Kekurangan Gambar Vektor
·
Tidak dapat menghasilkan objek gambar
vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format
bitmap
Kelebihan
Gambar Bitmap
·
Dapat ditambahkan efek khusus tertentu
sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.
·
Dapat menghasilkan objek gambar bitmap
darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat
ditentukan
Kekurangan
Gambar Bitmap
·
Objek gambar tersebut memiliki
permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
·
Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap
yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi
yang lebih rendah
2.3 Perbedaan gambar
vektor dan bitmap
Vektor
|
Bitmap
|
Disusun oleh objek geometris yang dibuat
berdasarkan perhitungan matematis
|
Disusun
oleh objek yang disebut pixel
|
Sifatnya resolution independent
|
Sifatnya
resolution dependent atau dipengaruhi resolusi
|
Pengaruh perbesaran tidak pecah, blur atau rusak
|
Pengaruh
perbesaran pecah, blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan
|
Ukuran penympanan relatif kecil
|
Ukuran
penympanan relatif besar
|
Digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris
sederhana, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. Cocok
untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan
bentuk.
|
Digunakan
untuk gambar kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti
foto dari hasil bidikan kamera.
|
Format penyimpanan bisa berupa AI, CDR, FH, EPS
|
Format
penyimpanan PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP
|
2.4 Program
aplikasi vektor dan bitmap
Aplikasi gambar berbasis vektor
- Adobe Illustrator adalah editor gambar vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems . Ilustrator mirip dalam lingkup, pasar dimaksudkan, dan fungsionalitas untuk pesaingnya, CorelDRAW , Xara Designer Pro dan Macromedia FreeHand. Versi terbaru, Illustrator CS6, adalah generasi keenam belas dalam lini produk.
- CorelDRAW adalah editor gambar vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation of Ottawa , Kanada . Ini juga merupakan nama Corel Graphics Suite, yang bundel CorelDraw dengan editor gambar bitmap, Corel PhotoPaint , dan lainnya yang berhubungan dengan program gambar. Versi terbaru ditunjuk X6 (setara dengan versi 16), dan dirilis pada Maret 2012.
- Creature House Expression adalah vektor editor gambar awalnya dikembangkan oleh Creature Rumah di Hong Kong, Fractal Design Corporation dan kemudian MetaCreations sebagai pendamping untuk kemudian- Fractal Desain / Painter MetaCreations . Pada saat itu, Creature House adalah Hong Kong independen software studio. Ekspression mencoba untuk menduplikasi Painter UI sedekat mungkin dan tersedia untuk Mac OS dan Windows. Beberapa saat setelah Fractal Desain dan MetaTools bergabung ke MetaCreations, sebuah perusahaan publik, manajemen memutuskan untuk menipis portofolio produk dan fokus pada audiens yang lebih spesifik. Ekspression akhirnya kembali dengan Creature Rumah yang merilis dua versi perangkat lunak di bawah nama merek mereka sendiri, Expression 2 dan Ekspression 3.Microsoft Expression 3 tersedia secara gratis.
Akhirnya,
Microsoft membeli Rumah Creature dan perkembangan lebih lanjut di bawah Acrylic.
Pada tahun 2007, aplikasi Expression asli menjadi bagian dari Expression Studio Microsoft suite
aplikasi, namanya dan ditulis ulang di WPFsebagai Desain Microsoft Expression . Windows XP
dan Vista versi yang tersedia, walaupun Mac OS dukungan secara resmi
telah dihentikan.
- Xara adalah perangkat lunak berbasis perusahaan yang didirikan pada tahun 1981. Xara telah mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai platform komputer, dalam urutan kronologis: The Atom Acorn, BBC Micro, Z88, Atari ST, Acorn Archimedes, Microsoft Windows dan Linux . Xara pada awalnya disebut Konsep Komputer (OS), nama perusahaan berubah di tahun 1995 menjadi Xara, dan kemudian ke Grup Xara, Pada tanggal 30 Januari 2007, Xara diakuisisi oleh perusahaan Jerman. MAGIX AG, dan sekarang beroperasi sebagai sepenuhnya dimiliki anak perusahaan.
- Zoner Draw adalah Vektor Graphics Editor yang memungkinkan Anda membuat dan bekerja dengan gambar, peta, ilustrasi, dll. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat bentuk sendiri, menyisipkan gambar, dan menggunakan template untuk album, kartu nama, label CD, brosur, kartu ucapan, undangan, dll. Fitur Zoner Menggambar termasuk alat untuk ilustrasi dan desain gambar seperti bentuk-bentuk geometris, termasuk pre-defined poligon, mengedit kurva canggih, dan jenis mengisi. Ini mencakup perangkat untuk peta dan gambar seperti denah, diagram pemasaran, diagram proses dan juga merupakan alat yang populer untuk mempersiapkan berbagai gambar web.
Aplikasi gambar
berbasis bitmap
- Corel Photo-Paint adalah raster editor gambar dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel sejak tahun 1992. Corel saat ini pasar perangkat lunak untuk sistem operasi Windows, yang sebelumnya memiliki versi dipasarkan untuk Linux dan Mac OS. Pesaing pasar utamanya adalah Adobe Photoshop. Pada tahun 2006, Corel merilis versi 13 sebagai Photo-Paint X3, menggunakan konvensi penamaan ini untuk rilis berikutnya serta untuk CorelDRAW , termasuk dengan Photo-Paint di CorelDRAW Graphics Suite . Versi saat ini adalah Photo-Paint X6. Corel telah dipasarkan edisi terbatas Photo-Paint yang disebut Corel Photo-Paint dengan HP hardware scanning, misalnya, HP Scanjet scanner 5p
- Adobe Photoshop adalah program editing gambar yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Adobe Systems. Adobe " Creative Suite " rebranding menyebabkan penggantian nama Adobe Photoshop 8 untuk Adobe Photoshop CS. Dengan demikian, Adobe Photoshop CS6 adalah rilis utama ke-13 dari Adobe Photoshop. Rebranding CS juga menghasilkan Adobe menawarkan berbagai paket perangkat lunak berisi beberapa program Adobe. Untuk mengurangi harga Adobe Photoshop dilepaskan dalam dua edisi: Adobe Photoshop, dan Adobe Photoshop Extended, dengan diperpanjang memiliki penciptaan gambar ekstra 3D, gerak editing gambar, dan fitur gambar lanjutan analisis. Adobe Photoshop Extended termasuk dalam semua penawaran Adobe Creative Suite kecuali Standar Desain, yang meliputi Adobe Photoshop edisi. Adobe hanya mendukung versi Windows dan Macintosh dari Photoshop, tetapi menggunakan Wine, Photoshop CS5 dapat berjalan cukup baik di Linux.
- Adobe PhotoDeluxe adalah berorientasi konsumen image editing software garis diterbitkan oleh Adobe Systems sampai 8 Juli 2002. Pada waktu itu digantikan oleh yang baru diluncurkan software image editing Adobe konsumen berorientasi, Photoshop Elements . Dukungan teknis tidak lagi disediakan oleh Adobe untuk lini software PhotoDeluxe. PhotoDeluxe memiliki berbagai kemampuan pengolahan citra untuk fotografer rumah dan handler gambar. Ini termasuk menghapus mata merah , tanam, dan menyesuaikan kecerahan , kontras , dan ketajaman . Ini juga termasuk software untuk mengekstrak gambar dari scanner gambar . Di antara fungsi disertakan adalah kemampuan untuk secara dinamis mengubah ukuran foto dan ekspor mereka dalam berbagai macam format.
- Paint Shop Pro (PSP) adalah raster editor gambar dan, kemudian di seri, sebuah vektor editor gambar untuk komputer yang menjalankan Microsoft Windows sistem operasi yang pada awalnya diterbitkan oleh Minneapolis berbasis Jasc Software . Pada bulan Oktober 2004, Corel Corporation membeli Software Jasc dan hak distribusi ke Paint Pro Shop. The X-edisi bernomor telah dijual dalam dua versi: PaintShop Pro, yang merupakan program pengeditan dasar, dan PaintShop Pro Ultimate, yang bundel dalam program mandiri lainnya. Program-program paket khusus telah bervariasi dengan setiap versi nomor dan belum dijual oleh Corel sebagai produk terpisah.
- Paint (sebelumnya Kuas untuk Windows) adalah sederhana lukisan gambar program yang telah disertakan dengan semua versi Microsoft Windows . Hal ini sering disebut sebagai MS Paint atau Microsoft Paint. Program ini membuka dan menyimpan file sebagai bitmap dengan ekstensi bmp, JPEG , GIF (tanpa animasi atau transparansi, PNG (tanpa alpha channel ), dan TIFF (tanpa dukungan beberapa halaman). Program ini bisa dalam mode warna atau dua warna hitam-putih , tetapi tidak ada grayscale mode. Untuk kesederhanaan, dengan cepat menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam versi awal Windows-memperkenalkan banyak lukisan pada komputer untuk pertama kalinya dan masih memiliki asosiasi yang kuat dengan kegunaan langsung dari Windows lama kerja.
2.5 Contoh
gambar vektor dan gambar bitmap
2.6 Cara
merubah gambar bitmap ke vektor ataupun sebaliknya
Bitmap adalah
representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan
di memori komputer. Dan dibentuk dari tataan pixel-pixel yang masing-masing
pixel memiliki atribut warna tersendiri. Bitmap biasanya berformat .bmp, .jpg,
.gif. Sedangkan Vektor adalah suatu bidang yang dibuat dari unsur garis dan
kurva. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek
atau gambar. Vektor biasanya berformat .swf, .wmf, .cdr dan .ai.
Untuk alasan tertentu, terkadang kita
ingin mengubah gambar jenis bitmap menjadi vektor. kita bias mengubah gambar
bitmap tersebut menggunakan Corel Draw. Caranya sebagai berikut:
1. Pilih
gambar/image bitmap
2. Klik
Bitmap pada menubar, lalu pilih Trace Bitmap
3. Setelah
itu akan muncul beberapa pilihan type (line art, logo,dan teman-temannya) pilih
salah satu, dan nantinya akan muncul window baru.
4. Pada
window tampak gambar asli (Bitmap) dan gambar trace berupa gambar vektor.
5. Pada
tampilan menu Options
a) Type
of image, pilih salah satu (misal pilih logo atau yang lain coba-coba saja dan
lihat perubahan pada tampilan vektornya)
b) Atur
smoothing dan detail sesuai keinginan, lihat perubahan pada tampilannya
c) Color
mode untuk menentukan mode warna pada gambar vektor hasil trace.
d) Pada
menu options, kotak delete original image, jika diaktifkan maka nanti gambar
bitmap akan terhapus, diganti gambar vektor pada halaman corel draw- nya
6. Setelah
anda selesai mengedit gambarnya klik OK.
7. Terlihatlah
hasil gambar yang anda rubah tersebut dihalaman Corel Draw
Lalu bagaimana jika kita memiliki gambar
vektor tapi ingin dirubah ke bitmap? Caranya lebih mudah dan cepat. Masih tetap
menggunakan Corel Draw
1. Pilih
gambar vektornya
2. Setelah
gambar dibuka klik File di menubar lalu klik export
3. Lalu
pada kotak Save as Type pilih ekstensi yang biasanya digunakan pada file bitmap
misalnya *.jpg
4. Terakhir
klik save
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Bitmap adalah representasi
dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori
komputer. Dan dibentuk dari tataan pixel-pixel yang masing-masing pixel
memiliki atribut warna tersendiri. Bitmap biasanya berformat .bmp, .jpg, .gif.
Vektor adalah suatu
bidang yang dibuat dari unsur garis dan kurva. Kumpulan dari beberapa garis dan
kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Vektor biasanya berformat
.swf, .wmf, .cdr dan .ai.
Gambar dengan
format fektor dan bitmap memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing yang
tentunya berpengaruh terhadap kualitas gambar.
3.2
Saran
Dari kelebihan
dan kekurangan kedua jenis gambar tersebut maka sebelum mendesain suatu obyek
perlu dipertimbangkan terlebih dahulu tujuan dari pembuatan obyek tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
5.
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Paint
I have read many blogs in the net but have scr888 casino download new version never come across such a well written blog. Good work keep it up
ReplyDeleteGood information mega888 random jackpot and great post. I like the website, and am sure to keep returning.
ReplyDeleteyour site layout is very good
Can you please provide more information 103 155 104 8099 apk scr888 casino game 3 on this subject? BTW your blog is great. Cheers.
ReplyDeleteThis is a really good read for me, Must admit Rapid Slim Keto Diet that you are one of the best bloggers I ever saw.Thanks for posting this informative article.
ReplyDeleteI have been reading your posts regularly. I need to say that you are doing a fantastic job. Please keep up the great work.
ReplyDeleteonline casino malaysia , live casino malaysia , online casino malaysia for android , online casino malaysia free credit , 100 welcome bonus casino malaysia , trusted online casino malaysia 2019 , live casino malaysia promotion
I am really very 918kiss apk free download
ReplyDeleteagree with your qualities it is very helpful for 918kiss apk download 2019 look like home. Thanks so much for info and kiss918 download apk keep it up.
I think most people would agree with mega888 free credit
ReplyDeleteyour article. I am going to bookmark this web site so I can come back and read more articles. Keep up the good work!
Ultra Fast Keto Boost low glucose result in the traditional A1C test, and in this situation the fruit-beat take a look at may be greater correct.
ReplyDeleteMeet the new food Pyramid
the first initiative became created in 1999 and has the reason of supporting in the choice of menus which can be most appropriate to our health.
https://purefitketodietplan.com/ultra-fast-keto-boost/
but it is important for pregnant women to consult their doctor Go ketogenic before consuming, and if someone feels any unpleasant symptoms discontinue use and seek medical advice.
ReplyDeletehttps://goketoganic.com/